Membuat Sketsa Ikan
1. Pada Command Panel, pilih panel Create-Shapes. Didalam pilihan Object Type, klik tombol Line.
• Smooth untuk membentuk object line dengan sudut lengkung. Dalam hal ini kita pilih smooth.
3. Lalu pada viewport Left kita klik untuk menentukan titik awal dan buat terus sampai terbentuk sketsa ikan seperti berikut:
Membuat badan ikan dengan box
1. Klik panel Create-Geometry- klik tombol Box.
• Length untuk mengatur panjang objek.
• Width untuk mengatur lebar objek.
• Height untuk mengatur tinggi objek.
• Length Segs untuk menentukan jumlah segmen pada sisi panjang objek.
• Width Segs untuk menentukan jumlah segmen pada sisi lebar objek.
• Height Segs untuk menentukan jumlah segmen pada sisi tinggi objek.
3. Kemudian ubah bentuk box tersebut dengan mengikuti sketsa yang telah kita buat sebelumnya. Pada panel modify, klik Modifier List dan pilih Edit Mesh. Pada edit mesh pilih vertex.
4. Lalu, dengan tombol Select and Move, pilih vertex-vertex pada bagian pinggir box dan pindahkan dengan mengikuti sketsa yang telah dibuat.
Membuat sirip ikan
1. Pembuatan sirip ikan sama saja seperti membuat badan ikan. Klik panel Create-Geometry- klik tombol Box.
2. Buat box sesuaikan ukurannya dengan ukuran pada sketsa yang telah kita buat sebelumnya.
3. Kemudian ubah bentuk box tersebut dengan mengikuti sketsa yang telah kita buat sebelumnya. Pada panel modify, klik Modifier List dan pilih Edit Mesh. Pada edit mesh pilih vertex.
4. Lalu, dengan tombol Select and Move, pilih vertex-vertex pada bagian pinggir box dan pindahkan dengan mengikuti sketsa yang telah dibuat. Jika sirip pada bagian atas telah jadi kita bisa langsung menduplicate untuk sirip bagian bawahnya, yaitu dengan cara, select object sirip lalu pada keyboard tekan shift dan geser siripnya dengan tombol select and move. Lalu rotasi sirip bawahnya sampai posisi nya seperti berikut
Membuat ekor ikan
1. Pembuatan ekor ikan juga sama saja seperti membuat badan ikan. Klik panel Create-Geometry- klik tombol Box.
2. Buat box sesuaikan ukurannya dengan ukuran pada sketsa yang telah kita buat sebelumnya.
3. Kemudian ubah bentuk box tersebut dengan mengikuti sketsa yang telah kita buat sebelumnya. Pada panel modify, klik Modifier List dan pilih Edit Mesh. Pada edit mesh pilih vertex.
4. Lalu, dengan tombol Select and Move, pilih vertex-vertex pada bagian pinggir box dan pindahkan dengan mengikuti sketsa yang telah dibuat.
6. Kemudian tambahkan mata untuk ikan dengan membuat donut.
Setelah kita membuat bentuk-bentuk diatas, hapuslah sketsa yang telah kita buat. Lalu lakukan proses rendering dengan format .jpeg sehingga hasilnya seperti berikut

Tidak ada komentar:
Posting Komentar