Senin, 28 Juni 2010

Game Engine


Penegertian Game Engine

Game Engine adalah sebuah perangkat lunak sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game . Ada banyak mesin game yang dirancang untuk bekerja pada konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X . Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesi render ("renderer") untuk 2D atau 3D grafis, sebuah mesin fisika atau deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memory, threading, lokalisasi dukungan, dan grafik adegan . Proses pembangunan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

3 tipe game engine yang ada saat ini, yaitu :

1. Roll-you-own game Engines
Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari nol. Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.

2. Mostly-ready game Engines
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.

3. Point-and-Click Engines
Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman, dan secepatnya merilis game game mereka.

Jenis game engine dari :

1. Freeware game engine/open source game engine
* Blender
* Golden T Game Engine (GTGE)
* DXFramework
* Ogre
* Aleph One
* Axiom Engine
* Allegro Library
* Box2D
* Build Engine
* Cube
* Cube 2
* DarkPlaces
* jMonkeyEngine (jME)
* Panda3D
* Sphere

2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
* Alamo
* A.L.I.V.E
* BigWorld
* DXStudio
* Dunia Engine
* Euphoria
* GameStudio
* Jade Engine
* Jedi
* Medusa
* RPG Maker VX
* RPG Maker XP
* RPG Maker 2003
* RPG Maker 95
* Vision Engine

Perbandingan Panda3D dengan Jade Engine

Panda3D
Panda3D adalah game engine yang mencakup grafik, audio, I/O, deteksi tumbukan, dan kemampuan lain yang terkait dengan pembuatan game 3D.
Panda3D bersifat open source dan pada tanggal 28 Mei 2008, perangkat lunak ini bebas di bawah revisi lisensi BSD .Rilis sebelum 28 Mei 2008 tidak dianggap Free Software karena kesalahan tertentu dalam desain lisensi Panda3D tua. Meskipun demikian, rilis ini lebih tua dari Panda3D juga dapat digunakan untuk keduanya gratis dan komersial pengembangan permainan tanpa biaya keuangan.
Panda3D merupakan hasil dari pengembangan bahasa Python dan C++, dan menggunakan generator otomatis-wrapper untuk mengekspos fungsi lengkap mesin dalam antarmuka Python. Pendekatan ini memberikan keuntungan pengembang pembangunan Python, seperti pengembangan dan manajemen memori yang cepat maju, tetapi terus kinerja sebuah bahasa disusun dalam inti mesin. Misalnya, mesin terintegrasi dengan pengumpul sampah Python, dan struktur mesin secara otomatis dikelola.
Sebuah pengembang menggunakan Panda3D biasanya menulis code di Python, tetapi juga mungkin untuk secara langsung mengakses mesin dengan kode C ++.
Grafik adegan Panda3D mengekspos fungsi OpenGL dan DirectX dalam bentuk yang cukup literal. Misalnya, OpenGL dan DirectX keduanya memiliki kemampuan kabut. Untuk mengaktifkan kabut di Panda3D, salah satu toko hanya parameter kabut pada suatu titik dalam grafik adegan. Parameter kabut sama persis parameter dari panggilan setara dalam API yang mendasarinya. Dengan cara ini, Panda3D dapat dilihat sebagai pembungkus tipis sekitar API tingkat rendah. Mana berbeda dari mereka adalah bahwa toko tempat kejadian, sedangkan OpenGL dan DirectX tidak. Tentu saja, ini juga menyediakan operator lebih tinggi, seperti loading model, menjalankan animasi, mendeteksi tabrakan, dan sejenisnya.
Panda3D selain menyediakan kemampuan render 3D, tetapi juga menyediakan:
§ Analisis kinerja alat.
§ Scene alat eksplorasi grafik.
§ Debugging tools.
§ Sebuah seni lengkap ekspor / impor pipa.
§ 3D Audio, memanfaatkan baik FMOD , OpenAL atau Miles Sound System .
§ Collision detection.
§ Fisika sistem, dan integrasi penuh untuk Open Dynamics Engine .
§ Keyboard dan Mouse dukungan.
§ Dukungan untuk saya yang tidak biasa / O device.
§ Hingga negara mesin.
§ GUI.
§ Jaringan
Jade Engine
Jade Engine adalah game engine yang dikembangkan dan digunakan oleh Ubisoft . Jade engine
pertama kali digunakan dalam Beyond Good & Evildan memiliki nama yang sama dengan permainan karakter utama yaitu Jade. Fleksibilitas mesin memungkinkan untuk sekuens gameplay yang berbeda, menampilkan grafis sejauh Anda dapat melihat mereka, dan keduanya cinematics rinci dan gameplay. Mesin awalnya dikembangkan di Ubisoft Montpellier , dan telah ditingkatkan serta menyempurnakan untuk permainan nanti.

Jade mencakup komponen-komponen berikut:
* Sebuah antarmuka abstrak ke Groves.Ini dirancang untuk dapat diimplementasikan di atas database
*
Sebuah implementasi dalam-memori interface ini dibangun dengan SP.
*
Sebuah mesin gaya yang menerapkan gaya bahasa DSSSL. Hal ini tergantung pada interface rumpun, tetapi tidak pelaksanaan spgrove antarmuka tersebut.Hal ini tergantung pada SP untuk parsing spesifikasi DSSSL.. Gaya Mesin bergantung pada backend untuk benar-benar melakukan format Antarmuka backend ini dirancang untuk mengakomodasi browser serta aplikasi-line perintah, tetapi saat ini tidak menyediakan antarmuka yang memungkinkan untuk mengedit salah satu dokumen SGML atau spesifikasi DSSSL.
*
A-line aplikasi perintah, jade , yang menggabungkan mesin gaya dengan antarmuka kebun spgrove dan lima backends:
o Sebuah backend yang menghasilkan sebuah representasi XML pohon aliran objek.
o Sebuah backend yang menghasilkan RTF. Ini telah diuji dengan Microsoft Word 97 dan gratis MicrosoftWord Viewer 97 7.1. Sebelumnya versi diuji dengan Word 95 dan Word Viewer.
o Sebuah backend yang menghasilkan TeX.
o Sebuah backend yang menghasilkan MIF.
o Sebuah backend yang menghasilkan SGML. Ini digunakan dalam hubungannya dengan standar aliran-kelas non objek untuk menghasilkan SGML, sehingga memungkinkan Jade yang akan digunakan untuk transformasi SGML.

Refrensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar