Minggu, 27 Februari 2011

HTTP

Beberapa hari lalu gw ma temen2 gw ngerjain tugas kuliah n ngebahas tentang protokol. Kelompok gw milih tetang prokol HTTP.. Apa c protokol HTTP itu?? nah ni dia hasil kelompokan gw setelah cari2 di mbah google :D


Pengertian dan Sejarah HTTP

HTTP adalah sebuah protokol yang menangani aplikasi web. Dimana aplikasi ini bekerja pada jaringan TCP/IP dengan port 80. HTTP atau HyperText Transfer Protocol adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internt Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server. HTTP pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dengan versi HTTP/0.9. Versi terbaru HTTP adalah HTTP/1.1.
HTTP ini sebenarnya hasil dari pengembangan dari FTP atau File Transfer Protocol. Tidak seperti protokol FTP yang memiliki banyak perintah dan cukup rumit untuk dimengerti, HTTP memiliki perintah yang lebih sedikit dan lebih mudah untuk dipahami, dan generik yang dapat dipergunakan dalam berbagai macam tipe dokumen. Namun dalam protokol ini segi keamanan data yang dikirim belum diperhatikan, data yang dikirimkan tidak dienkripsi, sehingga data yang dikirim rawan, dapat dibaca/ dirusak oleh orang yang tidak diizinkan. Jika data itu tidak penting tidak menjadi masalah, tetapi apabila data itu sangat privasi dan penting seperti pada saat kita ingin melakukan transaksi online, Bank ingin mengirimkan informasi keuangan rahasia nasabahnya tentunya segi keamanannya sangat rentan dan harus diperhitungkan.


Prinsip Kerja HTTP

HTTP adalah suatu bentuk protokol umum, yang digunakan oleh server dan client untuk berkomunikasi di dunia web. Komunikasi ini terjadi dalam bentuk request dan response. Jadi, jika client merequest, maka server akan merespons.
Response apa yang akan diberikan oleh server, sangat bergantung dari request (permintaan) dari client. Misalnya, client merequest sebuah halaman web (html), maka server akan merespon dengan cara mengirimkan isi dari halaman web yang diminta oleh client tadi.
Atau, client meminta (merequest) sebuah gambar. Maka sang server akan merespons dengan cara mengirimkan gambar tersebut. Begitu juga saat client meresquest file-file lain (video, MP3, program, dll). Respon apa yang akan diberikan oleh server, sangat bergantung dari request yang dilakukan oleh client.
Agar server mengerti bagaimana harus merespon, juga agar client mengerti bagaimana harus merequest, untuk itulah dibutuhkan saling pengertian antara keduanya. Dalam arti kata, keduanya harus berbicara dengan bahasa yang sama.
Saat mesin client (dalam hal ini web browser) mengirimkan pesan permintaan (request) ke web server, maka permintaan tersebut akan diproses dan dijawab (response) sesuai dengan pengetahuan si web server. Misalnya, web browser meminta halaman “pertama.html”, maka web server akan mencarikan halaman yang diminta kemudian mengirimkan halaman tersebut sebagai jawaban (response). Sampai di web browser, halaman “pertama.html” akan dibaca dan disajikan melalui web browser sesuai dengan kemampuan intepretasi web browser.

Perbedaan antara HTTP dengan HTTPS

HTTP : Hyper Text Transfer Protocol. Protocol yang digunakan dalam mentransfer dokumen dari WWW. Protocol ini ringan, tidak berstatus, dan generic yang dapat digunakan dalam berbagai macam tipe dokumen. Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh W3C dan kelompok kerja IETF.Sebuah client HTTP seperti Web Browser, biasanya memulai permintaan dangan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di remote host(biasanya: port 80).Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tsb menunggu client mengirimkan request, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa kepala dari kode informasi yang menjelaskan aspek dari request tsb, diikuti dengan badan dari data tertentu.

HTTPS : Hyper Text Transfer Protocol over Secure socket layer. Versi aman (save) dari HTTP. Ditemukan oleh Netscapes communication Corporation untuk menyediakan authentifikasi dan komunikasi tersandi(memiliki sandi) Selain menggunakan komunikasi Plain Text, HTTPS menyandikan sesi data menggunakan protocol SSL(Secure Socket Layer) atau protocol TLS (Transport Layer Security).Kedua protocol tsb memberikan perlindungan yang cukup dari serangan eavesdropers dan man in the middle attacks.Pada umumnya, port HTTPS adalah 443


Sumber :
http://www.klik-kanan.com/kamus/h.shtml

http://henz.it-kosongsatu.com/2010/04/06/sejarah-http/

http://mohkaris.blogspot.com/2009/02/perbedaan-http-dan-https.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar