Minggu, 06 Maret 2011

Vektor

Coba buat menulis dengan bahasa Indonesia yang baik ah :)
Pada hari rabu minggu ini di lab saya mendapat tugas memberikan materi untuk praktikum tambahan matif 2. Pertemuan pertama saya memberi materi mengenai vektor, materi yang saya berikan tidak terlalu detail, hanya vektor secara umum saja. Langsung saja ya saya bahas mengenai vektor.



Pengertian Vektor
Vektor adalah suatu potongan ( ruang, segmen ) garis yang mempunyai arah. Vektor dinyatakan dg huruf ū, u, u (bold), atau u (italic). Jika u menyatakan ruas garis berarah dari A ke B, maka ditulis dengan lambang u = AB
Dua buah vektor dikatakan sama besar bila besar dan arahnya sama. Berikut ini adalah contoh gambarnya :


Operasi – operasi pada vektor
1. Penjumlahan vektor
a. Metode jajaran genjang
Vektor hasil (resultan) yaitu a + b diperoleh dari diagonal jajaran genjang yang dibentuk oleh a serta b setelah titik awal ditempatkan berhimpit.
b. Metode segitiga
Resultan kita peroleh dengan menempatkan titik awal salah satu vektor (misalnya b) pada titik ujung vektor yang lainnya, maka resultan adalah vektor bertitik awal dititik awal a, dan bertitik ujung dititik ujung b.

Catatan:
 Penjumlahan vektor bersifat komutatif, artinya untuk setiap vektor a dan b berlaku a+b = b+a

2. Perkalian skalar
Kalau k suatu skalar bilangan riil, a suatu vektor, maka perkalian skalar KA menghasilkan suatu vektor yang panjangnya | k | kali panjang a, dan arahnya sama dengan arah a bila k positif atau belawanan denagn a bila k negatif. Bila k = 0 maka ka = 0; disebut vektor nol yaitu vektor yang titik awal dan titik ujungnya berhimpit.

Praktikum kali ini saya memberikan contoh program mengenai penjumlahan vektor saja

Listing Program
import java.io.*;

class vektor
{
public static void main (String[] args) throws Exception
{
BufferedReader input = new BufferedReader( new InputStreamReader (System.in));

int [] jum = new int [10];
int [] v1 = new int [10];
int [] v2 = new int [10];

System.out.print("\nmasukan jumlah elemen vektor =");
int n=Integer.parseInt(input.readLine());
System.out.println("\nvektor 1");
for(int i=0;iPenjelasan Program
import java.io.* merupakan package java yang mendukung untuk input dan output.
class vektor adalah penamaan class saja, pada program ini diberi nama vector, pada java penamaan class dan file haruslah sama.
public static void main (String[] args) merupakan metod utama yang harus ada pada java.
BufferedReader merupakan class dari java yang dapat membaca inputan dari keyboard, di listing program ini kita gunakan variabel input untuk menyimpan inputan dari keyboard
int [] jum = new int [10]; merupakan pendeklarasian dari variable jum sebagai sebuah array yang bertipe data integer dengan 10 jumlah data maksimal yang dapat ditampung.
System.out.print berfungsi untuk mencetak pada layat output.
int n=Integer.parseInt(input.readLine()); perintah ini digunakan untuk mengkonversi variable n menjadi integer yang merupakan hasil inputan. (kenapa y koq harus dikonversi dulu??) karena pada java semua inputan dianggap bertipe data string jadi kita harus mengkonversi nya terlebih dahulu.
for(int i=0;i berfungsi untuk melakukan perulangan. Int i=0 merupakan pemberian nilai awal dari variable I. i jum[i]=v1[i]+v2[i]; artinya variable jum merupakan hasil penambahan dari v1 dan v2


Logika Program
Program ini dibuat untuk melakukan penjumlahan terhadap 2buah vektor saja. Pertama kita diminta untuk memasukkan jumlah elemen dari vektor yang kita inginkan. Kemudian kita masukkan nilai dari elemen-elemnen verktor1 dan vektor2 sebanyak jumlah elemen yang kita input sebelumnya. Kemudian elemen-elemen yang telah kita input tadi disimpan dalam variabel v1 dan v2. Setelah itu elemen dari vektor v1 dan v2 dijumlahkan dan disimpan pada variabel jum.

Output Program



Sumber :
modul dari lab
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/fisika/Bab_2.pdf
http://www.te.ugm.ac.id/%7Ewarsun/mtk/w2_Vektor_1.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar